Wednesday, September 28

Luh Madori Sekar Sari siswi kelas XI MM menjadi Runner-up Komisi Perlindungan Khusus.

0

Gema Anak Gianyar diadakan sebagai wadah partisipasi anak-anak di Kabupaten Gianyar, dalam ajang pemilihan Duta Anak Gianyar tahun 2022 serta untuk memilih pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar periode 2022-2024.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Januari 2022 yang menjadi pengalaman baru bagi 35 besar Calon      Duta Anak Gianyar 2022. Selama 3 hari, seluruh peserta melakukan kegiatan Gema Anak Gianyar III ini di Museum Subak, Masceti untuk menentukan siapa yang akan menjadi Duta Anak Gianyar 2022. 35 besar calon Duta Anak Gianyar 2022 terdiri dari 5 siswa-siswi yang menjadi perwakilan dari masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar.

Dalam rangkaian kegiatan Gema Anak Gianyar III, 2 siswi SMK Negeri 1 Tampaksiring menjadi perwakilan dari Kecamatan Tampaksiring dan 3 siswa-siswi yang berdomisili di Kecamatan Tampaksiring.

  1. Luh Madori Sekar Sari siswi SMK Negeri 1 Tampaksiring, Komisi Jaringan.
  2. Ni Kadek Dwi Andini siswi SMP Negeri 1 Tampaksiring, Komisi Pendidikan.
  3. Dewa Ayu Sitha Pradnyaningrum siswi SMP Negeri 1 Tampaksiring, Komisi Perlindungan Khusus.
  4. I Putu Andra Mahesa Putra siswa SMA Negeri 1 Tampaksiring, Komisi Partisipasi
  5. Ni Putu Santiari siswi SMK Negeri 1 Tampaksiring, Komisi Kesehatan

Hari pertama diisi dengan pemberian materi dari KHA (Konferensi Hak Anak), materi dari BNN (Badan Narkotika Nasional), pengenalan Forum Anak, dan Sidang Komisi. Duta Anak Gianyar terdiri dari 5 komisi, yaitu: Komisi Pendidikan, Komisi Kesehatan, Komisi Perlindungan Khusus, Komisi Partisipasi, dan Komisi Jaringan. Setiap komisi membahas permasalahan anak dalam bidangnya masing-masing. Pembagian ini digunakan untuk memudahkan calon Duta Anak Gianyar agar lebih fokus terhadap satu bidang, namun tidak mengkotak-kotakkan untuk hanya bergaul / bersaing dalam satu komisi saja.

Kegiatan di hari kedua adalah persentasi dari setiap kecamatan, membahas permasalahan yang dianggap paling urgent di kecamatan masing-masing. Dilanjutkan dengan Penyusunan Suara Anak Kabupaten Gianyar tahun 2022 serta latihan dance dan blocking.

Grand final di hari ketiga menjadi penentu siapa yang akan terpilih menjadi Duta Anak Gianyar, yang nantinya akan berperan aktif untuk menyuarakan hak-hak anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Gianyar. Diawali dengan Pembukaan serta opening dance seluruh Calon Duta Anak Gianyar 2022 dan Duta Anak Gianyar tahun 2020. Dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar Calon Duta Anak Gianyar 2022. 2 orang siswa-siswi dari Kecamatan Tampaksiring masuk dalam 10 besar Calon Duta Anak Gianyar 2022:

  1. I Putu Andra Mahesa Putra, Komisi Kesehatan
  2. Luh Madori Sekar Sari, Komisi Perlindungan Khusus

Setelah pengumuman 10 besar, kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Suara Anak. Sesi tanya jawab masing-masing komisi dilaksanakan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Duta Anak Gianyar 2022.

Luh Madori Sekar Sari siswi kelas XI MM menjadi Runner-up Komisi Perlindungan Khusus.



Share.